• McAllister Pritchard posted an update 5 years, 7 months ago  · 

    Komikindo ialah singkatan dari komik Indonesia yang identik dengan pengertian cerita komik yang diciptakan oleh buah hati bangsa yang kemudian menjadi sebuah bacaan anak negeri dengan tema-tema kisah yang kebanyakan mengangkat tradisi dan budaya Nusantara. Dan di era tahun 1970-an, komik Indonesia berada pada masa puncak kejayaannya, dimana banyak komik yang dihasilkan komikus legendaris Indonesia, Bapak R.A.Kosasih yang dinobatkan sebagai Bapak Komik Indonesia, sebagai komik yang kisahnya tidak lekang oleh waktu.

    mangaindo sekitar tahun 1930-an komik Indonesia lahir dengan rilis komik pertama berjudul Put On yang yaitu komik bercerita jenaka yang dibuat oleh komikus Indonesia keturunan Tionghoa bernama Kho Wan Ghie. Dilanjutkan pada permulaan tahun 1950, seorang pencetus komik Indonesia bernama Abdulsalam sudah menerbitkan komik bertema heroik di harian Kedaulatan Rakyat, Yogyakarta yang kemudian dibukukan oleh harian Pikiran Rakyat, Bandung. Para pengamat komikindo mengatakan bahwa ini merupakan komik Indonesia pertama yang dibukukan.

    Dari tahun ke tahun komik Indonesia mengalami kemerosotan karya pengaruh digeser oleh produk komik asal Jepang manga yang membludak. Popularitas manga terus menduduki rating teratas sampai membuat para penggemar komik Indonesia melupakan komik buatan negeri sendiri. Hal ini amat dinikmati pada era tahun 2005, dimana banyak sekali komik asal Jepang yang menguasai pasar Indonesia. Kecil-anak muda yang menjadi pangsa pasar di bisnis komik ini justru lebih menyenangi komik manga asal Jepang ini, sehingga produktivitas komik Indonesia kian jauh terjerembab. Malahan hingga pula melupakan komik asal Amerika yang lebih dahulu hingga di Indonesia.

    Tapi dengan berkembangnya potensi si kecil muda Millenial yang lebih suka hal-hal bersifat modern, maka banyak komikus Indonesia yang mengambil resiko untuk mulai kembali menggeluti bidang ini dan mencoba menonjolkan karya-karya yang menjual. Tentu saja untuk menarik pasar maka komikindo diciptakan mengaplikasikan media digital yang jauh lebih menarik perhatian daripada media cetak. Hal ini ternyata dengan mulai bermunculan sederet nama komikus yang aktif di instagram dan jejaring sosial. Pun apa yang mulanya ditampilkan di media sosial kini melahirkan bisnis baru di industri komik.